Masyarakat Indonesia dan Sepakbola

Saya adalah penggemar sepakbola,banyak pemain,tim di eropa dan indonesia yang sering saya cari informasi terbarunya.Tim Eropa tentu lebih merangsang saya dari pada club di negara saya sendiri,karena kita semua tau seperti apa.Apakah anda pecinta olah raga yang satu ini,apakah orang-orang indonesia adalah pecinta sepakbola?,menurut saya tidak.Maaf bukan maksud sok tau,ini pendapat pribadi.

Saat club lokal yang tidak(belum) punya rating(prestasi) dengan jelas mewakili sebuah nama daerah melakukan
pertandingan dengan sebuah club dengan level yang sama yang saya lihat adalah pertandingan yang sepi penonton.hanya beberapa penonton dari offisial dan keluarga pemain,padah secara permainan mereka bisa di bilang tim yang secara permainan bagus untuk kelas club di indonesia yang berlaga di Liga teratas.Hal lain yang terlihat(saya rasakan) saat sebuah club Ibu K
ota yang secara permainan satu level dengan Club yang saya katakan sebelumnya mereka terlihat penuh penonton.Kenapa bisa begitu?? mereka sama sama main bola loh,permainan mereka juga standart permainan kelas tim-tim indonesia loh.Ini terjadi bertahun tahun.

Gimana dengan Tim Nasional Indonesia??Masih ingat saat Piala AFF 2010?? saat pertandingan pertama stadion gelora Bung Karno nyaris tanpa penonton,mediapun nyaris tak ada yang memberitakan tentang squad timnas kala itu.Suasana berubah saat Timnas menang beruntun semua jadi ramai media menggemborkan tentang timnas dalam sekejap mereka memenuhi stadion.Masyarakat di layar kaca mendadak anti sinetron.Dan suasana berbalik seperti awal saat Tim Sepakbola kita tak sanggup mengalahkan permainan lawan.

Dalam pertandingan sepakbola banyak hal kita pelajari kerjasama,ketangkasan,taktik,kerja keras dan ketekunan.Dalam satu Pertandingan sepakbola ada 2 tim,jika tim satu kalah tim satunya pasti bermain lebih baik ataupun lebih beruntung.Dalam pertandingan sepakbola kita tak harus mengapresiasi tim sendiri dan juga tidak perlu menghujat tim lawan.
Masih yakin kita bangsa cinta olahraga sepakbola??
Kita adalah masyarakat cinta keramaian,kegaduhan,huruhara bukan cinta sepakbola.

Postingan Populer