TENTANG TRANSMISI MOBIL AUTOMATIC

Untuk sekian kali aku mau ngomongin seputar otomotif,kali ini tentang transmisi otomatic kendaraan roda 4 atau mobil.Kita tahu untuk jenis tranmisi matic mobil masih diragukan ke nyamanannya dengan alasan,takut nyruduk karena terbiasa dengan kopling,memang tidak sedikit kasus yang terjadi,seperti kasus yang pernah muncul disebuah berita tv jatuhnya mobil dari parkir lantai atas sebuah mall yang ternyata mobil tersebut adalah bertransmisi otomatic.Padahal dengan hadir otomatic transmisi mempermudah kita dalam berkendara,demi kenyamanan dan keamanan,yang paling penting tahu seperti apa/cara penggunaan dan perawatan transmisi otomatic ini.
Berbagai macam merek mobil intinya untuk transmisi otomatic adalah sama.
>Kebanyakan untuk mobil yang beredar di pasaran indonesia mudah di pahami,urutan tuas transmisi otomatic dari depan kebelakang di awali dari "P","R","N","D-3","2","L" untuk rata-rata mobil di indonesia.Untuk mobil matic keluaran lama ada simbol O/D kamu bisa liat pada tombol pada tuas transmisi matic salah satunya mobil matic HONDA CRV generasi pertama(bukan CRV ALL NEW)fungsinya adalah menurunkan gigi satu tingkat lebih rendah untuk menghasilkan torsi maksimal mesin.Mobil generasi terbaru rata-rata sudah tidak ada tombol O/D pada tuas dan tergantikan deng menggeser ke kanan dari posisi D.

>Keterangan tentang transmisi matic P R N D-3 L.
Transmisi "P" bisa diartikan PARKING punya maksud digunakan saat mobil berhenti untuk waktu yang lama,contoh saat mobil diparkir atau di dalam garasi rumah.Pada mobil terbaru dan mobil mewah jika tuas transmisi belum di posisi "P" kunci kontak tidak bisa di cabut dari switc.untuk memindah dari posisi "P" k posisi lain tekan tombol(rata-rata mobil ada tombol) tuas atau tekan sedikit pedal rem.
Posisi "R" Berfungsi untuk gigi mundur.Pada rata-rata mobil ada tombol pada tuas,tekan perpindah ke posisi lain,jangan di paksa jika terasa seret,injak sedikit saja pedal rem.
Posisi "N" sama dengan Netral,gunakan posisi ini pada saat anda berada pada posisi berhenti sebentar seperti berhenti saat lampu merah di lampu lalu lintas.Posisi "N" juga digunakan jika mobil rusak dan perlu diderek.
POSisi "D(D-3)" Berarti posisi Drive.pada posisi ini transmisi bekerja pada kondisi ideal atau normal.transmisi bekerja otomatis sesuai dengan percepatan kendaraan dari gigi 1 ke gigi 4 sesuai dengan beban dan karakter pengendara.penggunaan Posisi D sebaiknya pada kondisi jalan lurus atau jalan tidak naik turun.
Posisi "2",saat anda meletakan tuas transimisi pada posisi ini,gigi transmisi bekerja maksimal di gigi 2.Berguna untuk mempertahankan putaran mesin saat mobil berjalan di tanjakan curam.Efek dari penggunaan posisi ini meringankan kinerja rem agar terasa tidak terlalu keras.
Posisi "L",pada posisi ini gigi transmisi bekerja pada gigi 1,apabila gas terus di tekan hingga putaran mesin makin tinggi,transmisi akan otomatis naik lebih tinggi,hal ini bertujuan agar mesin tidak rusak.
HAL yang harus di perhatikan saat berkendara mobil matic adalah pedal gas tak perlu di tekan dalam karena sedikit tekan saja terasa lebih cepat respon.Pedal penting matic hanya gas dan rem,walaupun cuma 2 pedal sebaiknya gunakan seperti saat anda mengendarai mobil kopling,yaitu kaki kanan untuk pedal gas dan rem,anggurkan saja kaki kiri,hal ini bertujuan untuk keamanan jika terjadi kelalaian atau panik tiba2 karena banyak hal tak terduga.
Untuk mobil otomatic terbaru dan mobil mewah pedal ada 3 yaitu gas,rem dan rem tangan(pengganti rem tangan pada mobil kopling)bisa dibilang rem tangan yang di injak dan posisinya di posisi kopling pada mobil non matic,contoh pada mobil HONDA ALL NEW CRV dan HARIER 4.2 New.

Catatan ini untuk pengguna pemula mobil otomatic.
*Dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfa'at.

Powered by whatsthescore.com

Software Website Toko Online

Recent Post's